5 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda di Malam Hari

Ini Cara Tingkatkan Kualiti Tidur Anda Di Rumah!   Banyak manfaat yang dapat dirasakan jika memiliki kualitas tidur yang baik. Beberapa di a...

Ini Cara Tingkatkan Kualiti Tidur Anda Di Rumah! 

Banyak manfaat yang dapat dirasakan jika memiliki kualitas tidur yang baik. Beberapa di antaranya seperti membuat Anda menjadi lebih produktif, suasana hati menjadi tetap stabil, tubuh menjadi lebih sehat hingga dapat memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

 


Dalam memelihara kualitas tidur, tidak lepas dari berbagai macam aturan yang cukup ketat dan cara yang disiplin. Bila tidak dilakukan, maka kualitas tidur menjadi lebih buruk dan mengancam munculnya berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan.

Artikel ini akan membahas berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Beberapa cara yang direkomendasikan adalah:

1. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Kamar yang nyaman adalah kamar yang memiliki tempat tidur kasur dan bantal yang berkualitas. Kualitas ini dilihat dari tempat tidur dan bantal yang diganti dalam beberapa waktu maksimal 7 tahun.

Suatu penelitian menyimpulkan bahwa kamar yang memiliki tempat tidur dan bantal yang baru membuat seseorang bebas dari nyeri punggung sebesar 57%, nyeri pada bahu sebesar 60%, mengurangi punggung yang kaku sebesar 59% dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sebesar 60%. Tak heran bila tempat tidur yang baik adalah tempat tidur yang selalu mengganti kasur dan bantal di waktu tertentu.

Faktor lain yang membuat kamar nyaman identik dengan kamar yang didukung oleh lingkungan yang menenangkan, udara kamar yang sejuk, dan sistem pencahayaan yang gelap.  Dengan cahaya gelap, Anda akan cepat tertidur dan memiliki kualitas tidur yang berkualitas.


2. Usahakan Tidak Bermain Smartphone

Membuat tidur menjadi berkualitas juga dilihat saat Anda tidak bermain smartphone sebelum tidur. Penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa cahaya biru atau blue light di dalam smartphone atau perangkat komputer dapat menurunkan hormon melatonin yang ada di dalam otak sehingga membuat Anda menjadi terjaga atau tidak bisa tidur. Blue light dalam smartphone yang terpancar di mata juga akan melenyapkan jam biologis tubuh pada ritme sirkadian.


Agar dapat meningkatkan kualitas tidur, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak bermain smartphone selama setengah jam sebelum tidur. Dengan hal ini akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik di malam hari.

3. Jangan Mengkonsumsi Kafein Sebelum Tidur

Berbagai jenis minuman kafein seperti kopi, teh, dan coklat memiliki kafein yang baik bagi tubuh. Namun kafein sangat tidak dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur lantaran bersifat stimulan.

Stimulan adalah zat yang membuat Anda tetap waspada dan tetap terjaga di pagi dan siang hari. Jika diminum pada malam hari dapat menyebabkan Anda terstimulasi dan  menghentikan waktu tubuh untuk beristirahat di malam hari secara natural.

Sebelum tidur usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi kafein dalam produk apapun agar Anda dapat tertidur dengan baik, sehingga kualitas tidur dan jam biologis Anda tetap terjaga.

4. Lakukan Hobi yang Disukai

Kegiatan yang Anda sukai juga dapat membuat Anda dapat tertidur nyenyak. Beberapa hal atau kegiatan yang bisa dilakukan adalah membaca atau menyalakan lilin aroma terapi.

Membaca sebelum tidur dapat meningkatkan relaksasi dalam tubuh, mempertajam ingatan dan melepas hormon stress. Sedangkan lilin aroma terapi yang dinyalakan sebelum tidur dapat membuat Anda menjadi lebih tenang sehingga tidur Anda menjadi lebih baik.

5. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Hal terakhir yang membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas adalah dengan mandi air hangat. Di sela rutinitas yang begitu padat dan melelahkan, air hangat mampu menurunkan otot yang tegang setelah melakukan aktivitas harian, menurunkan tingkat depresi atau kecemasan, dan membersihkan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Sebelum mandi air hangat, pastikan untuk membedakan mana air dingin dan mana air panas. Pasalnya air panas justru akan merusak dan membuat kulit Anda menjadi kering.

Kesimpulan

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kualitas tidur Anda. Beberapa contohnya seperti membeli suplemen melatonin, tidak minum alkohol sebelum beristirahat, jangan tidur siang terlalu lama, dan tidak telat makan. Ini semua akan membuat tidur menjadi lebih baik, dan Anda akan bangun dengan segar di pagi hari.

Bila Anda mengabaikan kualitas tidur yang berkualitas, maka akan memunculkan berbagai penyakit seperti penuaan dini, serangan jantung, depresi hingga meningkatkan resiko kematian. Untuk itu menjaga kualitas tidur adalah hal yang penting untuk dilakukan. 

Itulah artikel tentang 5 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda di Malam Hari, di antara pilihan yang disebutkan, manakah cara terbaik untuk Anda lakukan? 


You Might Also Like

6 comments

  1. Bab main handphone selalu hahaha aduhaiii kadang tertido gitu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih perkongsian Husniey. Ada yang mesti kak PC ubah ni.

    ReplyDelete
  3. no. 2 tu susah nak elak. hehe.

    ReplyDelete
  4. Wah! Bagus ni. Tapi cx kalah yang part tengok telefon tu. Hahaha time tu je ada masa ntk semak kerja blog. 😁 Nanti kena usahakan ni untuk dapat tidur yang berkualiti

    ReplyDelete

Komen yang membina sangat dihargai. Terima kasih bagi yang meninggalkan komen dan membaca penulisan blog ini.